Kampung Pancasila



Pekalongan- Kamis 14 April 2022, Kelurahan Medono Rw 12 Kecamatan Pekalongan Barat telah resmi dicanangkan sebagai Kampung Pancasila. Pencanangan ini dibuka Oleh Bapak Dion selalu Ketua RW di Kelurahan Medono, dan diresmikan oleh Dandim 0710/Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan S.I.P , Danrem 071/wk Kolonel Inf Yudha Airlangga. SE, dan Wakil Walikota Pekalongan H.Salahudin STP, bersama Pemerintah Kota Pekalongan.
 
Dalam kesempatan itu, Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan S.I.P, mengatakan kegiatan di Kampung Pancasila ini dapat meningkatkan kehidupan masyarakat dengan berdasarkan Pancasila, salah satu contoh nyata adalah bagi masyarakat yang akan masuk ke kampung ini, semuanya wajib hafal Pancasila, hal ini bertujuan agar hati nurani dapat melaksanakan ataupun mewujudkan apa yang tersirat didalam Pancasila tersebut,
dan juga kita lihat di Kampung Pancasila ini ada Produk - Produk UMKM, yang akan dibawa binaan KOPERASI, akan dibantu untuk pemasarannya, sehingga dengan adanya kegiatan ini sedikit banyaknya dapat membantu dan meningkatkan perekonomian di Kampung Pancasila RW 12 ini.
 
Sambutan juga dari Danrem 071/wk Kolonel Inf Yudha Airlangga. SE, mengatakan bahwa Program Kampung Pancasila ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, hanya digali saja oleh Bapak Proklamator kita menjadi suatu Pancasila, sebutan nilai - nilai itu sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu sudah ada contohnya seiring dengan perkembangan Kota Pekalongan. Yang mana Kota Pekalongan merupakan Kota Pesisir penting untuk menopang perekonomian Kota Semarang, kemudian juga pernah menjadi daerah persiapan untuk Kerajaan Mataram menyerang Batavia.
 
Sementara Wakil Walikota Pekalongan H.Salahudin STP memberi sambutan mengenai kegiatan Kampung Pancasila ini merupakan implementasi dari nilai - nilai yang ada dalam Sila Pancasila Keadilan Sosial, kemudian persatuan saling tolong menolong, pelaksanaan dari ajaran Pancasila ini merupakan salah satu wujud syukur kita untuk bersatu padu membangun Negara Indonesia tercinta ini.

Sumber Berita : Kecamatan Pekalongan Barat